Profil Jurusan

Program Studi Ekonomi Pembangunan didirikan pada tanggal 5 Februari 1986, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0502/0/1986 dengan status "terdaftar". Kemudian seiring berjalannya waktu terjadi perubahan status menjadi "Diakui" dengan Surat Keputusan Nomor: 177/Dikti/Kep./1993, dan sejak tahun 1995 statusnya berubah menjadi "Disamakan" dengan Surat Keputusan Nomor: 149/Dikti/Kep./1995. Proses dan status akreditasi Program Studi diperoleh pada tanggal 11 Agustus 1998 dengan SK Nomor: 01164/AK-I-I/UMM.IEP/VIII/1998. Selanjutkan berdasarkan keputusan BAN-PT No.1225/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019, menyatakan bahwa  Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang terakreditasi dengan predikat A
Program Studi Ekonomi Pembangunan, yang merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), memiliki profil yang fokus pada bidang ekonomi pembangunan dan berkomitmen untuk mempertahankan, meningkatkan, mengembangkan, dan beradaptasi dengan perkembangan keilmuan dalam bidang tersebut. Tujuan utama Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah menjadi program studi unggul di bidang ekonomi pembangunan dan memiliki daya saing di tingkat ASEAN. Untuk mencapai tujuan ini, program studi secara rutin mengadakan kegiatan evaluasi dan lokakarya untuk meninjau ulang kurikulum yang digunakan dalam proses pengajaran. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa kurikulum tetap relevan, mengikuti perkembangan terkini di bidang ekonomi pembangunan, dan memenuhi kebutuhan pasar kerja.


Program Studi Ekonomi Pembangunan UMM menawarkan pendidikan yang komprehensif dan berfokus pada pemahaman mendalam tentang teori ekonomi, kebijakan pembangunan, analisis ekonomi, dan keterampilan manajemen yang relevan. Mahasiswa juga diberikan pemahaman yang baik tentang isu-isu sosial, lingkungan, dan keberlanjutan yang terkait dengan pembangunan ekonomi. Kurikulum Program Studi Ekonomi Pembangunan UMM mencakup mata kuliah inti seperti teori ekonomi, statistik, mikroekonomi, makroekonomi, keuangan publik, pembangunan ekonomi, kebijakan pembangunan, serta mata kuliah pilihan yang memungkinkan mahasiswa untuk mengkhususkan diri dalam bidang-bidang tertentu, seperti pembangunan berkelanjutan, ekonomi regional, atau ekonomi sektor tertentu. Selain itu, Program Studi Ekonomi Pembangunan UMM juga memberikan penekanan pada pengembangan keterampilan praktis dan analitis melalui penggunaan metode pembelajaran yang aktif, termasuk studi kasus, penelitian lapangan, simulasi, dan proyek-proyek nyata. Mahasiswa juga didorong untuk mengikuti magang di lembaga-lembaga terkait, baik di sektor publik maupun swasta, untuk mendapatkan pengalaman kerja yang relevan.
Program Studi Ekonomi Pembangunan UMM didukung oleh fakultas yang berkualifikasi dan berpengalaman dalam bidang ekonomi pembangunan. Dosen-dosen memiliki latar belakang akademis yang kuat dan terlibat dalam penelitian dan publikasi ilmiah  berkomitmen untuk memberikan bimbingan dan dukungan kepada mahasiswa dalam mencapai tujuan akademik dan karir mereka. Dengan profil yang kuat dan komitmen yang tinggi terhadap kualitas pendidikan, Program Studi Ekonomi Pembangunan UMM berusaha untuk melahirkan lulusan yang memiliki pemahaman yang baik tentang ekonomi pembangunan, keterampilan analitis yang kuat, kemampuan manajemen yang handal, serta kesadaran akan isu-isu sosial dan lingkungan yang relevan. Lulusan diharapkan siap untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.

 

Shared: