Meningkatkan Literasi Statitistik : Prodi Ekonomi Pembangunan bersama BPS Jatim dan Kota Batu meresmikan Pojok Statistik

Kamis, 15 Desember 2022 08:22 WIB

Setelah perjalanan yang panjang kurang lebih hampir satu tahun akhirnya, Prodi Ekonomi Pembangunan telah meresmikan Pojok Statistik pada Rabu, 14 Desember 2022 yang dilaksanakan di Aula GKB 4 Lantai 4. Pojok statistik  prodi ekonomi pembangunan UMM yang bekerjasama dengan BPS Kota Batu. Acara peresmian ini dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Timur yakni Dr. Dadang Hardiwan, S.Si, M.Si yang turut hadir untuk peresmian pojok statistik sekaligus sebagai pembicara kuliah tamu dan Drs. Parjan, M.Si selaku Kepala BPS Kota Batu. Pada acara ini juga dihadiri oleh Dr. Idah Zuhroh., MM selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan dosen beserta mahasiswa ekonomi pembangunan.

Dengan diresmikannya Pojok Statistik ini tentunya akan sangat banyak manfaat untuk mahasiswa dalam mencari data. Terutama untuk mahasiswa ekonomi pembangunan sendiri yang sering mencari data terkait jumlah penduduk, kemiskinan, angka pengangguran dan lain-lain. Tidak hanya untuk mahasiswa EP saja, pojok statistik ini juga dapat diakses oleh semua mahasiswa yang membutuhkan data.

Dalam sambutannya Dr. Dadang menyampaikan bahwa fungsi dari Pojok BPS yang didirikan di perguruan tinggi tidak hanya untuk mempermudah mencari data saja.

“Bukan hanya penyediaan data saja, jadi bisa melakukan berbagai macam hal. Seperti join riset atau penelitian yang membutuhkan banyak data”

Adapun beberapa tujuan pojok statistik dimana tidak hanya menyediakan layanan data tetapi BPS Kota Batu mendukung program Merdeka Belajar Kamous Merdeka (MBKM) yang artinya mahasiswa bisa magang di kantor BPS.

Harapannya kerjasama layanan pojok statistik Prodi Ekonomi Pembangunan dengan BPS Kota Batu dapat meningkatkan literasi statistik dilingkungan kampus. Dan untuk mahasiswa harapannya bisa memanfaatkan dengan baik pojok statistic untuk memperoleh data. (Tasya)

Shared: