Skripsi & Magang

Skripsi

Karya Ilmiah akhir mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan adalah Skripsi yang siap untuk dipublikasikan dalam Jurnal yang dikelola Prodi Ekonomi Pembangunan atau oleh pihak lain di uar Program Studi. Sebagai bagian dari tradisi akademik di lingkup Universitas budaya untuk memupuk dan memelihara kemampuan menyampaikan gagasan,pemikiran dan konsep dalam bentuk tulisan dan naskah publikasi sangat penting untuk ditumbuhkembangkan. Tradisi menulis ini akan sangat membantu dalam membangun cara berfikir ilmiah sebagai insan akademik yang selanjutnya akan membentuk pola pikir, sikap dan cara pandang dalam menyelesaikan berbagai permasalahan profesional yang dihadapi maupun masalah kemasyarakatan secara umum. 

Pengembangan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) merupakan bagian dari penilaian akademik dan non akademik yang berlaku di UMM. Program Studi Ekonomi Pembangunan melalui Panduan SKPI ang diterbitkan oleh UMM dengan dasar hukum SK Rektor No.35 tahun 2016 tentang penerapan Kurikulum Perguruan Tinggi memberlakukan secara aktif ketentuan SKPI sejak periode wisuda ke 4 tahun 2018. SKPI sebagai syarat utama diantara beberpa syarat pengajuan ujian skripsi di prodi Ekonomi Pembangunan, jumlah poin yang harus dikumpulkan untuk dapat mengakses ujian skripsi minimal sejumlah 350 SKP. Adapun jenis dan item penilaian SKP seperti terlampir.  Sedangkan tautan untuk update nilai SKPI adalah sebagai berikut:  Link Input SKPI

Berkas yang di upload dalam format word
Pendahuluan = cover,lb pengesahan, pernyataan orisinalitas, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar lampiran, daftar pustaka, bukti cek plagiasi, Daftar pustaka
Bab 1 sd Bab 5
Lampiran
 
 

 

Magang

Latar Belakang
Perkembangan dunia usaha beserta dinamikanya menuntut mahasiswa untuk dapat menyesuaikan, beradaptasi serta bekerjasama dalam mencapai tujuan korporasi. Untuk dapat melihat dan menyempurnakan kajian teoritis yang telah didapatkan di dalam proses pembelajaran dengan aplikasi praktis di dunia kerja, maka mahasiswa di wajibkan untuk mengikuti program magang kerja. Program magang kerja merupakan sebuah kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa program studi Ekonomi Pembangunan dalam mencapai gelar sarjana ekonomi. 
Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang memiliki 2 peminatan khusus yaitu Perencanaan Pembangunan dan Konsentrasi Keuangan Perbankan & industry. Pelaksanaan kedua konsentrasi tersebut tetap berpijak pada visi, misi, tujuan, dan sasaran- sasaran  yang hendak dicapai oleh Prodi. Visi dan Misi Prodi tersebut merupakan derivasi dari visi dan misi UMM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.  Oleh karena itu salah satu cara untuk mencapai visi misi adalah dengan kegiatan magang kerja yang dilakukan oleh mahasiswa.  
Mahasiswa yang mengikuti program magang adalah yang telah menempuh mata kuliah utama yaitu mulai dari pengatar makro dan mikro hingga terapan. selain itu mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah ekonomi industry dan ekonomi public menjadi prioritas untuk mengikuti kegiatan magang. Hal tersebut dilator belakangi ketika masuk dalam dunia kerja, mahasiswa telah mendapatkan bekal mengnai perilaku perusahaan dan konsumen yang tercermin dalam mata kuliah inti dan kebijakan pemerintah yang terdapat dalam mata kuliah terapan.
Kegiatan magang diharapkan dapat mempertajam khasanah keilmuan dan sensitifitas mahasiswa terhadap venomena dunia usaha. mempelajari karakter perusahaan dan persaingannya menjadi salah satu tujuan utama dari magang kerja. Selain itu memahami alur pembuat kebijakan dan ddampak yang dihasilkan atas kebijakan pemerintah ataupun swasta menjadi tujuan utama dari kegiatan tersebut.
 
Tujuan Magang kerja
Tujuan magang kerja Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara profesional, mandiri, kreatif, dan inovatif serta tanggap terhadap perubahan lingkungan dan sosial.
 

 

Buku Petunjuk Magang

Form Evaluasi Magang

Alur Pengajuan Bebas Tanggungan di Jurusan IESP

Shared: